Kamis, 20 Maret 2014

BAB VI A.4. Trips (Chaetanaphothrips (Scirtothrips) signipennis Bagn.)

4. Trips (Chaetanaphothrips (Scirtothrips) signipennis Bagn.)

Ordo : Thysanoptera
Famili : Thripidae
a. Tanaman inang : melati, krisan, pisang.

b. Gejala serangan
Populasi hama ini dapat meningkat pada musim kemarau, sebaliknya pada musim hujan populasi akan turun. Trips merusak tanaman dengan cara memarut atau merobek jaringan daun atau bunga lalu mengisap cairan tanaman yang ke luar. Bekas parutan terlihat berwarna keperak-perakan kemudian menjadi coklat dan akhirnya bagian jaringan tanaman tersebut mati. Pada tanaman melati trips bersembunyi di helaian bunga. Ukurannya sangat kecil dan bekas serangannya tidak mudah terlihat sehingga hama ini kerap luput dari perhatian petani.

c. Biologi
Trips merupakan sejenis serangga yang berukuran kecil (1 - 2 mm). Tubuhnya langsing dan berwarna hitam, kadang-kadang dengan bercak atau pita merah. Nimfa biasanya berwarna kuning pucat, lebih menyukai makan bagian bunga dan kuncup.
Ciri khas dari serangga ini adalah dua pasang sayap yang kecil memanjang yang dihiasi dengan rumbai-rumbai halus yang agak panjang. Alat mulutnya termodifikasi untuk mengoyak atau memarut permukaan tanaman dan mengisap cairan tanaman yang keluar. Bekas pada jaringan tanaman tersebut dapat menjadi jalan masuk bagi infeksi penyakit bakteri atau cendawan. Beberapa jenis trips telah diketahui perannya sebagai vektor virus.

d. Pengendalian

1) Mekanis
Pemasangan perangkap likat IATP (Insect Adhesive Trap Paper) berupa kertas lembaran tahan air berwarna kuning yang telah diberi perekat. Warna kuning disukai oleh hama trips. Memangkas bagian tanaman yang terserang dan dimusnahkan.

2) Biologis
Pemanfaatan musuh alami dari jenis Coccinellidae yaitu kumbang macan.

3) Kimiawi
Sebelum aplikasi insektisida dilakukan pemantauan OPT, dan aplikasinya apabila diperlukan. Pestisida yang telah terdaftar dan diizinkan Menteri Pertanian untuk OPT melati belum ada, namun demikian untuk sementara dapat menggunakan insektisida sebagaimana tercantum dalam lampiran.

Serangan Hama Melati Selanjutnya Click Disini  Kutu putih (Pseudococcus longispinus Targioni¬Tozzetti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar