Kamis, 20 Maret 2014

BAB VI A.5. Kutu putih (Pseudococcus longispinus Targioni Tozzetti)

5. Kutu putih (Pseudococcus longispinus Targioni Tozzetti)


Ordo : Homoptera
Famili : Pseudococcidae

a. Tanaman inang :
Hama ini tersebar luas dan merupakan hama penting pada tanaman buah dan tanaman hias seperti melati, gladiol, kaktus, dan anggrek, sedap malam, drasena, kordyline.

b. Gejala serangan
Hama ini biasanya dijumpai pada permukaan bawah daun atau pada sudut petiole. Pada populasi tinggi hama tersebut bergerombol seperti gumpalan kapas dengan embun madu yang lengket sehingga merusak penampilan tanaman. Disamping itu, P. longispinus juga mengisap cairan tanaman sehingga pertumbuhan tanaman terganggu. Pada populasi tanaman menjadi layu bahkan mati.


c. Biologi
Serangga dewasa berbentuk oval dan berwarna putih karena tertutup tepung Jilin. Pada bagian ujung abdomen (perut) terdapat empat helai filamen panjang yang juga tertutup Jilin putih sehingga menyerupai ekor. Serangga betina mampu meletakkan telur 300-600 butir yang ditutupi gumpalan Jilin yang dikeluarkan dari dalam tubuh induknya. Selanjutnya telur akan menetas dalam 6-20 hari.
Serangga muda makan dengan cara menusukkan alat mulutnya yang tajam dan halus ke dalam jaringan daun kemudian mengisap cairan tanaman inang. Pergerakannya lamban dan jika berpindah biasanya tak jauh dari tempat semula. Siklus hidup berkisar antara 1-4 bulan. Terdapat 3 stadia nimfa sebelum serangga muda menjadi serangga dewasa.

d. Pengendalian

1) Kultur teknis
Penggunaan bibit yang sehat.

2) Mekanis
Memangkas bagian tanaman yang terserang dan dimusnahkan.

3) Biologis
Memanfaatkan predator sejenis kumbang dari Famili Coccinellidae yaitu Cryptolaemus montrouzieri.
Selain predator dapat juga memanfaatkan parasitoid Cocophagus gumeyi, Tetracnemus pretiosus, T. peregrinus, Leptomastidae abnormis dan Anarhopus sydneyensis.

4) Kimiawi
Sebelum aplikasi insektisida dilakukan pemantauan OPT, dan aplikasinya apabila diperlukan. Pestisida yang telah terdaftar dan diizinkan Menteri Pertanian untuk OPT melati belum ada, namun demikian untuk sementara dapat menggunakan insektisida sebagaimana tercantum dalam lampiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar